Dalam jangka waktu yang relatif singkat, Internet dan World Wide Web, telah berkembang dengan sangat pesat sehingga dapat melampaui kecepatan perkembangan teknologi lainnya di dunia. Internet dan web juga berkembang pesat dalam hal jangkauan dan luas bidang kegunaan yang secara nyata mempengaruhi beberapa aspek kehidupan. Industri, seperti manufaktur, biro perjalanan, rumah sakit, perbankan, pendidikan dan pemerintahan menggunakan web untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka.
Web bergerak dari media informasi menjadi media aplikasi. Aplikasi web kini adalah sistem software yang komplek. Salah satunya menyediakan layanan interaktif, data intensive, customizable dan dapat diakses dari perangkat yang berbeda-beda.
Pengembangan web engineering bukanlah hal yang mudah, ada banyak tantangan dan kendala dalam pengembangannya. Masalah utamanya adalah biaya, waktu dan kinerja. Banyak perusahaan tidak memahami pentingnya manajemen proyek dari suatu pengembangan aplikasi web, sehingga manajer proyek akan kesulitan dalam melacak bug, mengetahui personil yang terlibat di suatu proyek, dokumentasi proyek, menganalisa proyek yang belum berjalan, sedang berjalan atau telah berjalan. Masalah tersebut dapat diatasi dengan manajemen proyek yang dapat membantu mengelola proyek-proyek pengembangan aplikasi dari awal proyek sampai akhir dengan baik.