Penjadwalan merupakan kegiatan untuk mengalokasikan sejumlah sumber daya yang tersedia. Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan bahwa perencanaan dapat berjalan dengan baik dengan waktu dan tenaga yang digunakan secara efisien. Banyak model-model penjadwalan yang telah digunakan. Berbagai algoritma telah banyak juga dimanfaatkan.
Penjadwalan kelas merupakan kegiatan yang mengawali pergantian semester di setiap perguruan tinggi. Proses ini harus memperhitungkan banyaknya mata kuliah, ketersediaan ruang, dan rentang waktu yang digunakan. Inti dari penjadwalan kuliah adalah menjadwalkan beberapa komponen yang terdiri dari mata kuliah, ruang, dan waktu dengan memperhatikan sejumlah batasan dan syarat tertentu. Permasalahan yang dihadapi penjadwal terletak pada lebih banyaknya mata kuliah yang harus dijadwalkan daripada ruang yang tersedia, kesesuaian kebutuhan perkuliahan dengan fasilitas ruangnya, kapasitas ruang yang harus sesuai dengan jumlah mahasiswa, serta keinginan pengajar untuk mengajar pada suatu hari atau jam tertentu. Distribusi jadwal perkuliahan juga diharapkan dapat merata tiap harinya untuk setiap kelas. Pekerjaan penjadwalan mata kuliah ini akan semakin berat jika melibatkan semakin banyak kelas perangkatannya.
Pada saat ini sebagian besar pembuatan jadwal masih belum memiliki proses yang lebih efisien. Hal ini dibuktikan dengan masih digunakan cara; taf tata usaha akan mendata seluruh mata kuliah yang akan dibuka pada suatu semester. Kemudian mencatat prioritas-prioritas yang akan diberikan terhadap suatu mata kuliah. Baru kemudian mengatur penjadwalan, dan membuat laopran jadwal kuliah dengan menggunakan Microsoft Excel. Proses seperti ini membutuhkan banyak variable seperti dosen, mata kuliah, hari, ruang dan waktu (ketersediaan dosen), masing-masing variable terdiri dari sejumlah dosen, enampuluhan mata kuliah dengan 156 sks, 5 hari, dan terdapat 16 ruangan. Selain itu proses ini membutuhkan ketelitian dan waktu pengerjaan yang tidak singkat, sehingga seringkali terjadi jadwal yang bentrok yang menyebabkan suasana belajar mengajar terhambat.
Diharapkan dengan digunakannya algoritma Tabu Search akan diperoleh optimasi penjadwalan yaitu kondisi dimana terjadi kombinasi terbaik untuk pasangan mata kuliah dan dosen pengajar secara keseluruhan, tidak ada permasalahan bentrokan jadwal, serta ketersediaan ruang yang cukup dan sesuai secara fasilitas untuk seluruh mata kuliah yang ada. Berdasarkan uraian tersebut maka dalam penelitian ini akan dijelaskan bahwa dengan bantuan algoritma Tabu Search penyusunan penjadwalan mata kuliah dapat dioptimalkan. Program dapat mencari solusi penjadwalan pada waktu yang dapat digunakan baik oleh dosen, kelas maupun ruangan yang terlibat dalam suatu mata kuliah.

Download :
Ziddu : PDF