Peta dasar sebagai basis pembuatan peta tematik digunakan untuk berbagai kebutuhan informasi dengan tema tertentu dan sebagai acuan didalam pengambilan keputusan. Untuk kebutuhan tersebut keakuratan ukuran peta dasar sangat dibutuhkan terutama terkait dengan informasi berbasis geografis.
Berbagai cara dapat dilakukan untuk membuat peta dengan menggunakan berbagai teknologi alat ukur dari yang sederhana, bentuk mekanik, elektronik, berbasis kamera sampai dengan penggunaan citra satelit. Peta dasar yang menggambarkan permukaan bumi sudah dikembangkan oleh berbagai lembaga atau institusi misalnya Bakosurtanal
Khususnya dalam bentuk digital sudah banyak dikembangkan dan dimanfaatkan terutama berbasis internet seperti Google-maps yang dapat dicocokkan dengan koordinat pada perangkat GPS. Penggunaan Google-maps memiliki kemampuan untuk mengetahui posisi geografis pada permukaan bumi berupa koordinat bujur timur atau barat dan lintang utara atau selatan. Keakuratan posisi sudah semakin tajam, pada lokasi tertentu dapat melihat permukaan bumi kurang dari 500 meter diatas permukaan laut, yang dapat memperlihatkan atap gedung atau perumahan, jalan, sungai, pepohonan, sawah, kendaraan dan sebagainya.
Dengan adanya perkembangan teknologi GPS baik secara khusus atau yang menjadi fitur berbagai gadget komunikasi seperti telpon genggam yang telah dilengkapi teknologi ini. Dan sejalan dengan hal tersebut, bentuk peta permukaan bumi dari Google-maps menjadi acuan untuk pembuatan peta dasar yang cukup akurat, sehingga menjadi latar belakang penulisan ini, dan diharapkan peta dasar yang dibuat dapat dikembangkan menjadi peta tematik yang dapat dikembangkan berbantuan teknologi GPS.
Pada penggunaan aplikasi pengolahan citra, proses pembuatan peta dasar berbasis Google-maps secara manual dapat dilakukan menggunakan perangkat lunak aplikasi pengolahan citra seperti photoshop dan yang sederhana dapat menggunakan aplikasi grafik citra seperti MS-Paint dari berbagai sistem operasi keluarga MS Windows atau dari keluarga sistem operasi Linux.
Langkah sederhananya gambar peta dari Google-maps di Print Screen kemudian hasilnya dibuka pada aplikasi pengolahan citra grafis untuk dilakukan perbaikan distorsi geometrik dan penyederhanaan warna menjadi 2 atau beberapa warna seperti hijau dan biru. Warna hijau menunjukkan daratan dan warna biru menunjukkan laut, samudra, danau, dan sungai.
Perbaikan distorsi geometrik disebabkan permukaan bumi yang bulat atau tepatnya elipsoida. Permukaan tersebut perlu ditransformasikan menjadi bidang dua dimensi agar dapat digambarkan pada bidang kertas. Penggambaran bidang dengan skala tertentu menggambarkan ukuran panjang, keliling, atau luas sebagian permukaan bumi.

Download :
Ziddu : PDF