Manusia klo blum kepepet pazti belum bertindak. Sama halnya dengan shofie, klo belum kepepet atau terpaksa pazti lum ada tindakan yang pasti.
Sebenernya dah lama banget pengen belajar Visual studio ini (VB.net) tapi lum kesampaian az. Mpe pada suatu saat (terpaksa) da yang minta dibuatkan program pake VB.net. Jadilah dengan keterpaksaan dan nekad akhirnya bersedia juga. Dan akhirnya belajarlah dari awal Vb.net ini..
Klo tak kenal maka tak sayang, nah ini saya kenalkan apa sich Vb.net itu or visual studio itu, jgn sampe da yang gak paham Vb.net dan visual studio itu adalah sama.
Heheh...

APA ITU VISUAL STUDIO ???
Visual studio merupakan suatu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai macam aplikasi yang memiliki berbagai macam tipe antara lain aplikasi dekstop, command line, web, ataupun mobile.
Visual studio lebih dikenal dengan VB.net. apa bedanya dengan VB biasa atau VB 6. Bedanya klo mempunyai akhiran .net (dibaca “dotnet”) sudah berorientasi objek. Sedangkan klo VB belum berorientasi objek .
Visual studio or VB.net memiliki beberapa jenis atau edisi, dari visual studio 2005, visual studio 2008 sampai yang sekarang visual studio 2010. Paztinya edisi paling baru memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki edisi sebelumnya.
Biasanya dalam visual studio memngikutkan beberapa kompiler  antara lain Visual C++, Visual C#, Visual basic, Visual InterDev, Visual J++, Visual J#, Visual Foxpro dan Visual SourceSafe. Dan semuanya ditujukan untuk flatform .Net Framework 3.5.
Kebetulan saat ini saya memakai visual studio 2010.
MEMBUKA PROGRAM VISUAL STUDIO 2010
1.       Instal program Visual Studio anda
2.       Klik tombol start pada windows taksbar
3.       Klik menu All Programs > Microsoft Visual Studio 2010 > Microsoft Visual Studio 2010


1.       Kemudian jendela awal dari program VB 2010 akan terlihat seperti di gambar


1.       Buat sebuah project baru, klik menu new project atau klik menu file >  new > project

 
1.       Vb 2010 terdapat banyak tipe project yang bisa dibuat antara lain windows, command line, web,  office, database, report, test, WCF dan workflow

 
a.       Windows adalah project yang sering digunakan untuk membuat aplikasi desktop.  Selain membangun aplikasi desktop juga bisa membangun aplikasi berbasis console atau command line
b.      WEB adalah project yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web menggunakan ASP.Net 3.5
c.       Office adalah suatu project yang dapat menyediakan atau menjalankan atau memanggil aplikasi yang terdapat pada program office seperti Excel, word, PowerPoint dan lain-lain
d.      Reporting adalah program database project selalu digunakan untuk menyajikan laporan berdasarkan data yang telah diolah dan dirancang di dalam database yang telah dibuat oleh programmer
e.      WCF (windows Comunication Foundation) adalah pemograman yang berorientasi terhadap layanan (service), sehiingga tidak ada hambatan lagi terhadap perbedaan Flatform, dengan adanya teknologi ini aplikasi yang dibangun dengan software apapun dapat dihubungkan dengan aplikasi  yang di buat dengan software lain.