ARSITEKTUR KOMPUTER

Posted on 23:36 In: , ,
Pengertian arsitektur computer : Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Atau juga dapat di definisika sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya
Jenis-jenis arsitektur komputer adalah
  • Sistem tunggal / mandiri (Stand-Alone)
Arsitektur jenis ini merupakan arsitektur sistem yang paling sederhaha dan paling murah. Arsitektur semacam ini dapat kita pilih dan gunakan, jika basis data yang dikelola memang tidak terlalu besar dan lebih bersifat membantu mempercepat pekerjaan-pekerjaan administratif.
Dalam arsitektur ini DBMS, Basis Data dan aplikasi basis datanya di tempatkan pada satu komputer yang sama dan hanya bisa di pakai oleh satu pemakai pada saat bersamaan.
untuk arsitektur ini biasanya di pakai basis data yang menyatu dengan DBMSnya.
Arsitektur jenis ini lebih baik di pakai untuk untuk perusahaan yang belum terlalu besar dan belum menanganni banyak data. Karena untuk arsitektur ini tidak membutuhkan banyak biaya besar.

  •    Sistem Sentralisasi (terpusat)
Kita tidak dapat mempertahankan pemakaian Sistem Mandiri, jika harus mengakomodasi pemakaian oleh banyak pemakai (multi-user).
Arsitektur ini terdiri atas sebuah mesin server dan sejumlah terminal (yang menjadi tempat user berinteraksi dengan sistem). Yang tersentralisasi dalam arsitektur ini dapat mencakup basis data, DBMS dan aplikasi basis data atau basis data saja.
Arsitektur terpusat memiliki dua jenis yaitu :
    • Aplikasi dan basis data terpusat diakses oleh dumb terminal Basis data 
Arsitektur ini terdiri atas sebuah mesin server dan sejumlah terminal (yang menjadi tempat user berinteraksi dengan sistem). Yang tersentralisasi dalam arsitektur ini dapat mencakup basis data, DBMS dan aplikasi basis data atau basis data saja. sistem terdiri dari satu buah mesin server dan beberapa terminal yang menjadi tempat user berinteraksi dengan sistem. Yang tersentralisasi dalam sistem ini mencakup DBMS, basis data, dan aplikasi basis data. Untuk lingkup yang disentralisasi maka jenis servernya sering disebut DBMS-server, dan terminalnya disebut dumb terminal.
Kelemahan pada bentuk Sistem Tersentralisasi ini , yaitu beratnya beban server yang harus menangani semua proses
    • Terpusat aplikasi ada pada terminal.
Sedangkan yang disentralisasi nya adalah basis data, server yang di gunakan biasa disebut file server, sedangkan terminalnya disebut workstation. Aplikasi dan basis data terpusat; diakses oleh dumb terminalBasis data terpusat; aplikasi ada pada terminal
Sedang kelemahan pada bentuk Sistem Tersentralisasi ini, yaitu padatnya lalu lintas data antara server dan work-station

  •    Sistem Client-server
Suatu system yang diterapkan pada sebuah sistem jaringan. Sistem Client-Server ini ditujukan untuk mengatasi kelemahan-kelemahan yang terdapat pada Sistem Tersentralisasi sebelumnya (baik sentralisasi pada aplikasi dan basis data maupun sentralisasi hanya pada basis data).
Kelemahan pada bentuk Sistem Tersentralisasi yang pertama, yaitu beratnya beban server yang harus menangani semua proses, diatasi dengan membagi beban itu menjadi dua bagian: client (yang menjalankan aplikasi basis data) dan server (yang menjalankan DBMS dan berisi basis data) pada mesin.
Sedang kelemahan pada bentuk Sistem Tersentralisasi yang kedua, yaitu padatnya lalu lintas data antara server dan work-station diatasi dengan mekanisme transfer data yang lebih efisien.
Sistem ini terdiri atas dua komponen (mesin) utama, yaitu client dan server. Client berisi aplikasi basis data dan server berisi DBMS dan basis data. Setiap aktivitas yang dikehendaki para pemakai akan lebih dulu ditangani oleh client. Client selanjutnya mengupayakan agar semua proses 'sebisa mungkin' ditangani sendiri. Jika ada proses yang harus melibatkan data yang tersimpan pada basis data, barulah client melakukan 'kontak' dengan server.


Input / Output d C++

Posted on 19:12 In: , ,
Baru inget untuk upload materi ini, padahal udah janji dari hari selasa kemaren, maav untuk semuanya.. semoga bermanfaat
Ada beberapa Statment Input dan output di dalam Bahasa C++ diantaranya
Output
  • cout
    • cout merupakan statment untuk output di C++, untuk menggunakan statment ini di perlukan file header yaitu iostream.h 
  • printf
    • printf merupakan statment bawaan dari bahasa C tapi statment ini masi bisa di pakai di bahasa C++ dengan mengikutsertakan file header stdio.h
  • puts
    • puts merupakan statment output yang di khususkan untuk keluaan tipe data string. file header yang mesti diikutsertakan adalah stdio.h
  • putchar
    • putchar sama dengan puts hanya saja untuk putchar di khususkan untuk outputan character. file header yang harus disertakan adalah stdio.h
INPUT
  • cin
    • cin adalah statment untuk inputan di bahasa C++, untuk menggunakan statment ini ada dile yang harus di ikut sertakan, yaitu file header iostream.h
  • scanf
    • scanf adalah salah satu statment inputan pasangannya adalah printf. jadi sama dengan printf ada file header yang harus diikutsertakan yaitu file stdio.h
  • gets 
    • gets adalah salah satu statment inputan yang dikhususkan untuk menerima data string. file yang harus diikutsertakan adalah file stdio.h

download materi lengkapnya :
adfly : Input/output 

Tahapan Perancangan Basis data

Posted on 15:04 In: , ,
Tahapan-tahapan dalam perancangan basis Data, merupakan sub sistem dari perancangan sistem informasi. perancangan basis data mengikuti prinsip dari SDLC (software Development Live Cycle) yang terdiri dari :
1. Perencanaan
2. Analisis
3. Perancangan
4. Desain
5. Implementasi

klo di rinci lagi maka perancangan basis data terdiri dari 12 tahap.

download materinya:
Ziddu : Perancangan Basis Data
adfly : Perancangan Basis Data

Desan Perancangan Sistem Terinci (input/output)

Posted on 14:55 In: , ,
Perancangan sistem terinci termasuk kedalam siklus hidup sistem.
perancangan output di gunakan untuk mendesain output keluaran yang berupa laporan. sedangkan desain input di gunakan untuk menjadi dokumen dasar yang diperlukan untuk menginputkan data.
selengkapnya download materinya
Ziddu : APSI4
adfly : APSI4

PBD Aplikasi Basis Data

Posted on 01:21 In: , ,
Aplikasi basis data salah satunya membahas tentang arsitektur sistem, diantaranya :
1. Stand Alone (berdiri sendiri)
2. sentralisasi
3. client-server

Materinya :
adfly : PBD1

Materi Kuliah APLIKOM

Posted on 01:12 In: , ,
Materi Kuliah Aplikasi komputer Fisip 2011/2012
download :
adfly : Aplikom

Fisip tugas 1

Posted on 01:02 In: , , ,
Selamat datang di blog saya..
silakan komen disini, cantumkan nama, NPM, dan alamat blog
terimakasih

12.1A Tugas 3

Posted on 00:59 In:
tolong komen disini, seperti biasa cantumkan
nama
kelas
NIM
dan alamat blog
terimakasi

Bahan Ajar TPT

Posted on 23:20 In:
Berisi Bahan Ajar untuk teknik pemograman terstruktur dari pertemuan pertama samapai pertemuan ke 14. semoga bermanfaat..
download????
adfly : Bahan Ajar TPT

C++

Posted on 23:15 In:
C++ adalah salah satu high level programming, karena apa?? karena C++ sudah mendekati bahasa manusia. artinya apa?? bahasa manusia atau bahasa naturall adalah bahasa yg lebih mendekati bahasa manusia, atau manusia akan lebih paham dibandingkan bahasa mesin sendiri.
C++ adalah pengembangan dari bahasa C, C++ di ciptakan satu dekade setelah bahasa C, sebelum menyandang nama C++, C++ bernama "C better B", tetapi akhirnya nama tersebut di ganti dengan C++. ++ adalah salah satu operator penaikan di dalam bahasa C.
download materinya :
adfly : TPT2

Teknik pemograman terstruktur

Posted on 23:10 In:
Teknik pemograman terstruktur terdiri dari 3 buah kata yaitu teknik, pemograman dan terstruktur.
dari ketiga arti kata tersebut
teknik adalah cara atau metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah
pemograman adalah proses membuat koding/program
terstruktur adalah terpola atau sistematis
materinya dapat di download disini :
adfly : TPT1

Logika & Pemograman 3

Posted on 04:45 In: ,
Modulnya Alpro3

Logika & Pemograman 2

Posted on 04:44 In: ,
Modul Alpro2

Logika & Pemograman I

Posted on 04:43 In: ,
Algoritma adalah urutan langkah-langkah dalam penyelesaian masalah. urutan-urutan ini tidak boleh di acak-acak atau loncat ke step selanjutnya. untuk bisa mengerjakan algoritma harus ada masalah yang di hadapi, misalnya hari ini saya ada kuliah jam 8 pagi, itu adalah masalah apa yang harus di lakukan untuk menyelesaikan masalah itu.
maka algoritmanya adalah :
1. bangun tidur
2. mandi
3. memakai baju
4. membereskan tempat tidur
5. sarapan
6. berangkat kuliah
itu adalah salah satu algoritma, setiap langkah-langkah tersebut tidak bisa saling di tukarkan.
dalam pemecahan masalah ada beberapa langkah
MASALAH
|
MODEL
|
ALGORITMA
|
PROGRAM
|
EKSEKUSI
|
HASIL

di bagan di atas terlihat adanya MODEl, Model biasanya diterapkan untuk masalah matematika, misal untuk permasalhan menghitung luas segitiga modelnya adalah L=1/2*a*t
maka algoritmanya adalah
1. input alas
2. input tinggi
3. hitung Luas = 1/2*a*t
4. cetak luas

download modulnya 
Modulnya Alpro1

12.1A Tugas 2

Posted on 17:44 In: ,
Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang istilah-istilah berikut ini
1. ISDN
2. Telepon
3. Faxcimile
4. Fiber Optic
5. Leased Line
6. Wireles

11.1A Tugas 2

Posted on 17:43 In: ,
Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang istilah-istilah berikut ini
1. ISDN
2. Telepon
3. Faxcimile
4. Fiber Optic
5. Leased Line
6. Wireles

11.3B Tugas I

Posted on 17:28 In: ,
Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang DFD (data flow Diagram)

Statistik

Follower